dithaisper.blogspot.com
Mohon Kritik dan Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini

Kafein Mampu Melawan Kanker Kulit

Posted by Dithaisper 0 komentar
    dithaisper.blogspot.com
Baru-baru ini Rutgers University melakukan penelitian yang mendukung teori bahwa Kafein dapat membantu melindungi kanker kulit jenis tertentu di tingkat molekuler.

Hal ini dilakukan dengan menekan enzim protein dalam kulit yang dikenal dengan istilah ATR. Peneliti melakukan sebuah tes pada tikus di Lab percobaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kafein menyerap langsung pada kulit, tujuannya mungkin dapat mencegah sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa minum sekira satu cangkir kopi berkafein per hari, dapat membantu menekan ATR dan memicu matinya sel yang merugikan yang disebabkan oleh sinar UV.

"Meskipun diketahui bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko hilangnya benih tumor penyebab kanker kulit, namun perlu dilakukan penelitian untuk menentukan apakah kafein menghambat sinar matahari secara aktual sebagai penyebab kanker kulit," jelas Allan Conney, direktur dari Susan Lehman Cullman laboratorium untuk Penelitian Kanker.

Penelitian yang baru saja dipublikasi, menyatakan penghambatan ATR bukan karena air berkafein, namun peneliti rekayasa genetik menemukan bahwa ATR melemah pada kelompok tikus yang meminum air berkafein. Tikus yang dimodifikasi secara genetik menderita tumor 69 persen lebih sedikit daripada tikus tanpa rekayasa genetik lainnya yang tumbuh lambat dan kurang agresif.

Namun, studi ini juga menemukan bahwa ketika kedua kelompok dengan dosis dengan sinar ultraviolet kronis pada jangka waktu yang sama, perkembangan tumor tetap terjadi baik di tikus rekayasa genetika atau penelitian teratur. Conney menegaskan, hal ini tampaknya mengindikasikan bahwa menghambat enzim ATR yang paling efektif ialah pada tahap pra-kanker daripada setelah terjadinya kanker kulit dari efek UV sepenuhnya terbentuk. Demikian seperti dikutip TG Daily, Kamis (18/8/2011).

Meskipun banyak manusia melakukan penelitian epidemiologi mengenai kaitan konsumsi minuman berkafein dengan penurunan substansial dalam beberapa jenis kanker, bagaimana dan mengapa kekuatan kopi dapat melindungi terjadinya penyakit, itu semua masih menjadi suatu misteri.

"Kafein mungkin menjadi senjata ampuh dalam pencegahan kanker kulit karena dapat menghambat ATR dan juga bertindak sebagai pelindung matahari dan langsung menyerap sinar UV yang merusak kulit," simpulnya.
    dithaisper.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sahabat-sahabat blogger sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blog saya.

Silahkan sahabat-sahabat tinggalkan jejak pada kotak komentar di bawah ini.

Jadilah Komentator yang baik.

Komentar yang mengandung spam akan saya hapus.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda