dithaisper.blogspot.com
Mohon Kritik dan Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini

Berkumur dengan Cairan Penyegar saat Puasa, Batalkah ??

Posted by Dithaisper 1 komentar
    dithaisper.blogspot.com


Sumber : Okezone.com

Pertanyaan

Assalamualaikum wr, wb.

Pak Ustaz, apakah saat puasa menggunakan obat kumur supaya menyegarkan napas itu berdosa? Saat puasa juga bibir sangat kering, sehingga banyak yang mengelupas. Kalau kulit kering itu ditelan apakah membatalkan puasa?

Terima kasih
Wassamualaikum wr, wb.
Yanti Handayani, Jakarta.

Jawaban

Saudari Yanti yang budiman, hukum berkumur baik dengan air atau obat kumur bagi orang yang sedang berpuasa sesuatu yang diperbolehkan. Namun dilakukan secara berhati-hati dan tidak berlebih-lebihan agar tidak ada yang tertelan dan masuk ke dalam perut.

Meskipun demikian, apabila dia melakukannya lalu ada yang masuk ke dalam perut padahal sudah berhati-hati dan tanpa kesengajaan, maka puasanya tetap sah. Hal ini sama saja apabila kemasukan debu jalan, tepung, atau lalat yang masuk ke tenggorokannya. Semua ini termasuk ketidaksengajaan yang dimaafkan dan ditolerir sebagaimana firman Allah SWT, “… Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu....” (QS Al Ahzab: 5).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Diangkat (tidak dianggap salah) umatku mengenai hal-hal yang dilakukan karena khilaf (tidak sengaja), lupa, dan terpaksa.” (Lihat Fatawa Mu'ashirah, DR. Yusuf Al-Qardhawi, Jilid 1, hal. 407, 428)

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, segala sesuatu yang masuk ke dalam tenggorokan kita tanpa kesengajaan maka termasuk yang dimaafkan dan ditolerir, namun apabila saudari menelan kulit bibir yang terkelupas dengan sengaja maka hal itu termasuk membatalkan puasa. Mudah-mudahan penjelasannya bermanfaat.

Wallahu a'lam bisshawab
    dithaisper.blogspot.com

1 komentar:

Shinobi Blog mengatakan...

yaaaa... yg penting jgn sengaja aja buat diminum ... hhe :D

Posting Komentar

Terima kasih sahabat-sahabat blogger sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blog saya.

Silahkan sahabat-sahabat tinggalkan jejak pada kotak komentar di bawah ini.

Jadilah Komentator yang baik.

Komentar yang mengandung spam akan saya hapus.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda